Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah: Karena Sakit, Keluarga Meninggal, hingga Kepentingan Mendesak

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah: Karena Sakit, Keluarga Meninggal, hingga Kepentingan Mendesak

https://www.cuffknit.com/ Berikut contoh dan cara membuat surat tidak masuk sekolah karena berbagai penyebab, mulai dari sakit, keluarga meninggal dunia, hingga kepentingan mendesak.

Surat izin tidak masuk sekolah perlu dibuat sebagai keterangan mengapa siswa tidak bisa mengikuti pembelajaran di sekolah.

Bila tidak dilampiri surat izin, siswa yang tidak masuk sekolah bisa dianggap alpa, alias tanpa keterangan.

Surat izin tidak masuk sekolah biasanya ditujukan kepada wali kelas siswa.

Lalu bagaimana cara membuat surat tidak masuk sekolah?

Simak beberapa contoh yang dapat menjadi acuan dalam membuat surat tidak masuk sekolah berikut ini dikutip dari Buku Pedoman Surat Menyurat.

1. Surat tidak masuk sekolah karena sakit

Surakarta, 11 September 2022

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 8D

SMA N 2 Solo

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama :

Kelas :

Alamat :

NISN :

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut di atas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Rabu, 11 September 2022 dikarenakan sakit.

Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 8D agar memberikan izin.

Demikian yang dapat kami sampaikan.

Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Orang tua Siswa,

(Nama & tanda tangan wali)

2 Surat tidak masuk sekolah karena saudara menikah

Malang, 11 September 2022

Hal : Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Kepada Yth,

Kepala SMA Negeri 1 Kaligintung

di Purworedjo

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan dibawah ini adalah Orang tua dari :

Nama :

Kelas :

NISN :

Bersama ini saya memberitahukan bahwa putra/i tersebut di atas tidak masuk sekolah dikarenakan menghadiri prosesi akad nikah kakak kandungnya di luar kota.

Demikian surat izin ini saya buat.

Atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,

Orang Tua Siswa,

(Nama & tanda tangan wali siswa)

Baca juga: Cara Buat Akun PayPal untuk Pribadi dan Bisnis, Siapkan Nomor Telepon serta Rekening Bank

3. Surat tidak masuk karena kecelakaan motor

Surabaya, 20 September 2022

Hal : Surat Izin Sakit

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Guru SMA 25 Surabaya

Jl. Bungurasih No. 123

Surabaya

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orang tua dari :

Nama :

Kelas :

Alamat :

NISN :

Dengan datangnya surat ini saya bermaksud memberitahukan bahwa anak kami dengan nama tersebut di atas, telah mengalami kecelakaan kemarin, 28 Januari 2018.

Atas saran dari dokter, anak kami pun perlu menjalani perawatan intensif selama beberapa hari hingga kondisinya pulih.

Bersamaan dengan ini, kami juga melampirkan surat hasil pemeriksaan dari dokter.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami ingin memohon izin atas ketidakhadiran anak kami di sekolah selama beberapa hari sampai kondisinya kembali pulih, terhitung mulai hari ini, Rabu, 31 Januari 2018.

Atas perhatian dari Bapak/Ibu guru sekalian, kami mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Kami,

Orang tua Siswa,

(Nama & tanda tangan wali siswa)

4. Surat tidak masuk sekolah karena kerabat meninggal dunia

Magelang, 25 Oktober 2022

Yang terhormat,

Bapak/Ibu Wali Kelas 4 C

SD N 01 Gugur Gunung

Di tempat

Dengan hormat,

Saya atas nama siswa yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :

Kelas :

NISN :

Dengan ini bermaksud untuk memohon izin tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar pada Selasa, 25 Oktober 2021 dikarenakan ada kerabat yang meninggal dunia pada hari ini. Kiranya Bapak/Ibu berkenan memberikan izin kepada saya.

Demikian permohonan izin ini saya buat dengan sebenar – benarnya. Atas kebijaksanaan dan izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(Nama & tanda tangan)

5. Surat izin tidak masuk karena kepentingan mendesak yang tidak bisa ditinggalkan

Mataram, 21 September 2022

Yang terhormat,

Bapak/Ibu Wali Kelas 7 F

SMP N 10 Jiwaraga

Di tempat

Dengan hormat,

Saya atas nama siswa yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :

Kelas :

NISN :

Dengan ini bermaksud untuk memohon izin tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar pada Kamis, 21 September 2021 dikarenakan ada keperluan di luar kota yang sangat penting dan tidak dapat ditinggalkan. Kiranya Bapak/Ibu berkenan memberikan izin kepada saya.

Demikian permohonan izin ini saya buat dengan sebenar – benarnya. Atas kebijaksanaan dan izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(Nama & tanda tangan)

Dalam surat izin tidak masuk sekolah harus memuat beberapa keterangan, seperti dikutip Tribunnews.com dari Tribun Medan:

1. Tujuan Pengiriman Surat

Setiap surat pasti memiliki tujuan pengiriman surat.

Nah, pada bagian ini menyampaikan siapa penerima surat Anda nantinya.

Apakah kepala sekolah, wali kelas, guru mata pelajaran, atau yang lainnya.

Dalam penulisan tujuan pengiriman surat, jika Anda menggunakan kata “Kepada”, maka tidak perlu menggunakan kata Yth. Begitu juga sebaliknya.

2. Alasan Izin

Surat izin tidak masuk sekolah dibuat dengan alasan tertentu.

Misalnya sakit, acara keluarga, atau karena hal lainnya.

Jadi, sampaikan hal ini di dalam surat izin tidak masuk sekolah yang Anda buat.

Pastikan alasan izin Anda logis.

Bagaimanapun, hal ini yang akan menentukan apakah surat izin sekolah yang Anda buat dapat diterima atau tidak.

3. Tanggal dan Tempat Pembuatan Surat

Selain itu, jangan lupa untuk mencantumkan tanggal dan tempat pembuatan surat.

4. Alamat Tujuan

Untuk pembuatan surat izin, Anda bisa menuliskan alamat sekolah sebagai alamat tujuan.

5. Isi Dalam Surat

Sebelum menuliskan isi surat, jangan lupa untuk menuliskan salam pembuka, kalimat pembuka surat, isi dalam surat, salam penutup surat.

Terakhir, jangan lupa untuk menuliskan nama pengirim surat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trend Fashion Di Tahun 2020

Persebaran Fauna Indonesia di Wilayah Bagian Barat, Tengah, dan Timur